Presiden Jokowi Resmikan Dua Jalan Tol di Sumatera Utara

Posted by : limitnew 7 Februari 2024 Tags : Presiden Resmikan Jalan Tol di Sumut
Jalan tol di Sumatera Utara. Limitnews/Istimewa

MEDAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja sekaligus meresmikan dua seksi jalan tol pada dua ruas di Sumatera Utara. Jalan tol tersebut bakal menjadi penghubung langsung ke lokasi wisata Danau Toba.

Adapun dua seksi jalan tol yang diresmikan Jokowi adalah seksi Tebinggi-Indrapura dari ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi dan seksi Indrapura-Lima Puluh dari ruas Indrapura-Kisaran.

BACA JUGA: Horas Bangso Batak Bulatkan Tekad Dukung Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

Selain menjadi mobilitas utama ke Danau Toba, dua jalan tol ini juga bakal mempercepat konektivitas logistik ke KEK Sei Mangkei dan juga Pelabuhan Kuala Tanjung.

“Kedua ruas jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas kawasan ke pariwisata di Danau Toba, kemudian juga meningkatkan kecepatan logistik ke Pelabuhan Kuala Tanjung dan juga yang berkaitan dengan KEK Sei Mangkei,” kata Jokowi dalam peresmian jalan tol, Rabu (7/2/2024).

Jalan tol Tebing Tinggi-Indrapura memiliki panjang ruas 20,4 kilometer dengan biaya Rp 3,06 triliun. Sementara itu, jalan tol Indrapura-Lima Puluh dibangun sepanjang 15,6 kilometer dan menelan biaya Rp 1,67 triliun.

“Kita harapkan ini juga akan cepat berkembang dan mempercepat waktu tempuh dari Medan dan sekitarnya menuju kisaran dan provinsi Riau, sehingga akan mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan dan sekitarnya,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negera Iriana di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (6/2/2024).

Turut juga menyambut Presiden RI beserta rombongan Pj Gubernur Sumut Hassanudin, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan bersama para pejabat lainnya.

BACA JUGA: Tiga Pejabat Dinas Pendidikan Batu Bara Ditetapkan Tersangka Dugaan Korupsi

Selain meresmikan ruas jalan tol, Presiden Jokowi juga akan membagikan bantuan PNM Mekar di Lapangan Lima Puluh Batubara kepada 4.500 warga serta meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kumpulan Pane, Kota Tebing Tinggi.

Sebanyak 3.600 personel gabungan dari TNI/Polri disiagakan untuk mengamankan kunjungan kerja Presiden Jokowi.

 

Penulis: Viktor

RELATED POSTS
FOLLOW US