Miliki Senpi Tanpa Ijin, Terdakwa Hanya Didakwa Jaksa Melanggar Pasal Pencurian




Terdakwa Andika dan Edo, pemilik Senpi tanpa ijin. Limitnews.net/Luster Siregar

01/31/2022 17:50:20

TANGERANG – Terdakwa Edo Fernando (35) dan Andika Saputra (38), bolehlah berlega hati. Karena Senjata Api (Senpi) rakitan jenis Revolver dan 4 butir peluru yang mereka miliki tanpa ijin, tak didakwakan oleh Jaksa Penuntut Umum.

Atas keteledoran penyidik yang tidak (belum) menyangkakan pasal Undang Undang Darurat No. 12 tahun 1951 tentang kepemilikan senjata api yang ancaman hukumannya 10 (sepuluh) tahun penjara itu. Majelis hakim yang dipimpin Aji Suryo melalui Ismail Hidayat (hakim anggota) menanyakan ikhwal kejanggalan tersebut ke Fikri Lazuardi dan Abdul Gofar, saksi polisi dari Polda Metro Jaya yang melakukan penangkapan terhadap kedua terdakwa dalam persidangan yang digelar pada Senin, (31/01/2022).

"Kami hanya melakukan penangkapan terhadap pelaku yang mulia. Adapun tindak lanjut pemberkasan, hal itu bukan kewenangan kami lagi. Tetapi sudah menjadi tugas dan tanggungjawab dari Unit Penyidikan," sahut saksi menjawab pertanyaan hakim.

Jaksa David Siagian di hadapan Majelis Hakim Pimpinan Aji Suryo. Limitnews.net/Luster Siregar

Saat penangkapan pada 9 November 2021 lalu tambahnya, petugas melakukan penggeledahan badan. Ditemukan senjata api dan beberapa butir peluru aktif serta kunci T.

Nasib baik terhadap kedua pelaku pemilik Senpi itu, tidak didakwa melanggar pasal Undang Undang Darurat. Tetapi hanya didakwa melanggar pasal 363 KUHP (tunggal) tentang pencurian.

Terungkap di Persidangan

Penangkapan dilakukan berdasarkan laporan 3 (tiga) korban.  Warga di tempat berbeda yakni, di Pamulang, Kencana Loka dan Gading Serpong, Kota Tangerang Selatan. Diantaranya sepeda motor Beat, Vario dan Beat.

Kedua terdakwa secara serentak mengaku, sudah dua kali melakukan pencurian sepeda motor. Adapun senjata api yang dimiliki, dimanfaatkan untuk aksi begal di jalanan.

"Jika memang vonis hakim nanti, menyatakan dan memerintahkan Barang Bukti (BB) berupa Senjata Api dan Peluru serta Kunci T dimusnahkan, iya kita musnahkan," ujar Jaksa David Siagian yang menyeret kedua terdakwa ke persidangan PN Tangerang menjawab awak media menyangkut BB Senpi, bilamana kelak didakwakan.

 

Penulis: Luster Siregar

Category: TangerangTags:
limitnews
No Response

Comments are closed.